Saturday, January 21, 2017

Kasiat Bawang Dayak Untuk Mengobati Berbagai Jenis Penyakit


Tanaman Bawang Dayak
My Info Berbagi - Bawang dayak merupakan salah satu jenis bawang beasala dari daerah Kalimantan yang tersebar mulai dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara. Bawang dayak memiliki banyak kasiat untuk pengobatan berbagai penyakit, akan tetapi si umbi ajaib ini belum banyak dikenal masyarakat luas sehinga baru sedikit masyarakat yang memanfaatkan keampuannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para pemerhati kesehatan mengatakan bahwa bawang dayak memilki 43 kasiat untuk mengobati penyakit. 

Klasifikasi Tanaman Bawang dayak:


Klasifikasi Bawang Dayak


Kingdom :
Plantae

Filum :
Tracheophyta

Kelas :
Liliopsida

Ordo :
Asparagales

Famili :
Iridaceae

Genus :
Eleutherine

Spesies :
Eleutherine anericana

 
Bawang dayak juga memilki berbagai nama di daerah di nusantara di antaranya sebutan bawang dayak (Palangkaraya Kalteng dan Samarinda Kaltim), Bawang lubak (Samarinda), Bawang kapal, bawang merah hutan, bawang hutan atau kambe (Dayak), bawang sabrang, bawang kapal (Sumatra), bawang beuruem bawang siyem (Sunda), bawang siyem, brambang sabrang, teki sabrang, luluwa sapi (Jawa), bawang sayup (Melayu).  

Umbi Bawang Dayak
Kandungan Senyawa Bawang Dayak:

Kandungan senyawa aktif dalam bawang dayak sangat lengkap sangat wajar khasiatnya banyak. senyawa ini meliputi alkaloid, steroid, glikosida, flavonoid, fenolik, tanin, dan saponin. Salah satu dari senyawa ini, yaitu flavonoid dapat berkasiat sebagai antikangker, antiviral, anti-inflamasi, mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, serta penagkal radikal bebas. Kekuatan aktivitas antioksidan senyawa flavonoid tergantung pada jumlah posisi dari gugus OH dalam molekul flavonoid. Semakin banyak gugus OH, aktivitas antiradikalnya semakin tinggi. 
Beberapa penelitian dan pengujian telah dilakukan untuk membuktikan kasiat bawang dayak. Di antaranya oleh Fakultas Farmasi ITB Bandung yang mengkaji pengaruh pengelolaan simplisia terhadap kandungan metabolit utama bawang dayak. Bawang dayak dapat digunakan langsung secara segar atau kering. 

Sudah banyak sekali bukti yang mengambarkan bahwa bawang dayak sangat ampuh dalam mengobati penyakit kangker terutama kangker payudarah yang di derita oleh para kaum wanita, hal ni menjadi titik pusat penelitian bagi para pakar penyakit kangker yang berada di dalam negeri maupun yang berada di luar negeri. 

Salah satu penerbit buku yaitu AgroMedia Pustaka berhasil menerbitkan buku tentang Bawang Dayak Si Umbi Ajaib Penakluk Aneka Penyakit yang akan membahas secara tuntas tentang bawang dayak ini. Buku ini sisusun oleh Ni Luh Indrawati, S.Farm, Apt. dan Razimin, S.Si, Apt. 

Jenis-jenis Penyakit yang dapat di sembuhkan oleh Bawang Dayak 

Khasiat bawang dayak dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga penyakit berbahaya, bahkan mematikan. Misalnya, diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, tuberkulosis, bronkitis, radang rektum, asam urat, radang prostat, ambeien, peluruh lemak, bisul, hepatitis, dan peningkatan gairah seksual. 
Tanaman yang memilki ciri daun benbentuk pita sepanjang 15-20 cm dan lebar 3-5 cm ini mirip palem dengan tulang daun sejajar. Bunga tanaman bawang dayak berwarna putih dengan jumlah kelopaknya sebayak lima kelopak. Didaerah Kalimatan penduduk lokal sudah mengunakan bawang ini sebagai obat tradisional.
Berikut ini 43 jenis penyakit yang dapat di obati dengan mengukan bawang dayak : 1. Amandel, 2. Ambeien, 3. Asam Urat, 4. Asma, 5. Bisul, 6. Bronkitis, 7. Darah rendah, 8. Diabetes Melitus, 9. Epilepsi, 10. Ganguan Pencernaan Lambung, 11. Ganguan Seksual, 12. Ginjal, 13. Gondok, 14. Hepatitis, 15. Hipertensi/Darah Tinggi, 16. Insomnia, 17. Jantung, 18. Kanker Kelenjar Getah Bening, 19. Kanker Paru-paru, 20. Kanker Payu Darah, 21. Kanker Rahim, 22. Kanker Usus, 23. Keputihan, 24. Kista, 25. Kolesterol, 26. Maag, 27. Migrain, 28.Myom, 29.Obat Muntah, 30. Pelupa/Menurun Fungsi ingatan, 31. Peluruh Kemih, 32. Pencahar, 33. Prostat, Radang Usus, 35. Rematik, 36. Sakit Kuning, 37. Sakit Perut, 38. Sakit Pingang, 39. Stamina, 40. Stroke, 41. TBC, 42. Vertigo, 43. Vitalitas.

Para ahli kesehatan berpendapat bahwa anti oksidan alami mampu mereduksi penyakit kronis seperti kangker dan penyakit jantung. Pengunaan antioksidan alami saat ini dianggap lebih aman karena antioksidan alami di dapat dari ektrak tanaman. Antioksidan alami yang terdapat pada tanaman antara lain kelompok flavonoid berupa senyawa polifenol, dan bawang dayak banyak memiliki kelompok flavonoid.

Demikian ulasan tentang bawang dayak yang memiliki berbagai macam kasiat untuk mengobati penyakit yang di derita oleh manusia mulai dari penyakit biasa sampai dengan penyakit yang sangat mematikan semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca dan jagan lupa like fp kami salam sehat dari My Info Berbagi.
Share:

2 comments:

Follow us on FB