Monday, January 30, 2017

Belajar dan Bersahabat Dengan Alam

Alam Menjadi Guru Terbaik
My Info Berbagi - Belajar dan Bersahabat Dengan Alam menurut saya ini kata yang pas untuk kita sebagai makluk ciptaan Tuhan. Tuahan telah menciptakan Bumi ini dengan keindahan alam nya yang sangat luar biasa dan beranekaragam kenapa kita harus merubahnya dan merusak nya demi kepentingan kita yang membuat alam yang telah di berikan Tuhan ini hancur. 

Apa yang harus kita lakukan untuk bersahabat dengan alam ini ? 

Pertanyaan ini sangat mengelitik telinga kita pada saat kita mengetahui bahwa alam merupakan anugerah yang sangat indah yang di berkan Tuhan kepada umatnya. Terpikir olah kita bahwa alam sudah banyak memberikan kita segala sesuatunya dengan usia kita sampai saat ini yang menjadi pertanyaan nya apa yang sudah kita berikan kepada alam itu ? jawabannya pasti sudah ada yaitu tidak ada kita menghirup oksigen yang di hasilkan melalui proses fotosintesi pada tanaman di alam, dan kita memperoleh makanan juga dari alam ini mengambarkan bahwa kita sudah tidak dapat dipisahkan dari alam ini.
 Baca :

Kasiat Bawang Dayak Untuk Mengobati Berbagai Jenis Penyakit
Ada satu hal yang harus kita lakukan untuk menjaga alam ini kita harus mulai dari diri kita sendiri kita harus mengatakan mulai hari ini saya akan mengurangi berkunjung ke Mall tapi saya akan bagun pagi dan mencoba merasakan berjalan dengan telanjang kaki serta mencoba merasakan sejuknya embun pagi di sekitar tempat tinggal ku langkah ini akan memulai pada diri kita dengan cara ini kita mulai memahami bagaimana kita menyukuri keindahan alam dan belajar bersahabat dengan alam.
Hal sederhana yang sudah kita lakukan ini akan menjadi contoh buat generasi kita terutama anak kita dengan kita memulai kebiasaan ini maka dengan sendirinya anak-anak kita akan mengikuti apa yang kitalakukan, ada kata-kata bijak yang mengatakan " Belajar dari burung mereka tidak pernah berteriak menyuruh anaknya untuk belajar terbang tetapi meraka memberi contoh ". kalau kita tersingung mendengar kata-kata bijak ini maka kita adalah orang cerdas maka marilah kita lakukan apa yang seharusnya kita lakukan agar bisa menjadi contoh bagi generasi kita bahwa mencintai alam itu sederhana dengan kita menikmati keundahan alam maka akan dengan sendirinya kita akan menjaganya agar tetap asri dan indah di kemudian hari. 

Bagai Mana mengajari anak untuk bersahabat dengan Alam ? 

Sebagai orang tua kita seringkali meminta kepada anak kita untuk melakukan hal yang kadang sebagai orang tua belum tentu kita lakukan . Meksa anak untuk meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan atau pada saat anak berbuat salah. Sebelum kita meminta anak untuk melakukan hal tersebut sebaiknya sebagai orang tua coba kita berkaca kepada diri kita sendiri sudahkah saya melakukan hal tersebut dalam kehidupan saya dengan meminta maaf kepada anak apabila kita melakukan kesalah kepada anak kita ?
Baik kita kembali ke pokok pmbahasan kita bagai mana mengajari anak untuk bersahabat dengan alam ? mulai saat ini mari kita kurangi untuk mengajak anak berjalan ketempat tempat yang modren seperti Mall bermain Time Zone atau kegiatan yang terlalu memfokuskan anak pada kegiatan berlatih atau Gymnastic. Mari kita arahkan anak untuk lebih melakuka aktifitas sensori integrasi yang bisa kita temukan di alam seperti berlari, berjalan, bermain pasir, bermain tanah, bermain air di alam hal ini dapat melatih motorik halus anak yang dapat kita lakukan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita.
Bayak hal yang dapat kita ajarkan kepada anak pada saat kita mengajak anak kita ke alam bebas salah satunya adalah kita bisa mengajarjan kepada anak tentang warna karena di alam sudah menyediakan begitu banyak warna untuk di pelajari, kita juga dapat menjelaskan kena dedaunan pepohonan berwarna hijau.Daun berwarna hijau di karenakan mengandung klorofil yang menyerap cahya dan warna untuk tumbuh sehingga akhirnya yang terlihat adalah warna hijau. hal sederhana ini akan menjadi tanya jawab yang panjang antara kita dan anak sehinga tumbuh rasa penasara pada anak dan menumbuhkan rasa ingin tau yang besar, ini baru warna hijau dan yang menjadi contoh kecil dan masih banyak lagi yang lainnya.
Kotor dan jorok itu juga sering menjadi masalah kita sebagai orang tua saat melihat anak kita bergubang lumpur, ingat hal ini bukanlah sesuatu yang buruk ini adalah mementom awal untuk anak lebih belajar banyak tetang alam percayalah bahwa kita akan mendapatkan balasan yang setimpal. Anak akan tumbuh dengan bahagia dan belajar banyak tentang alam. Ia juga akan mencintai alam pertuhbuhan anakpun akan sempurna dengan mendapatkan cukup sinar matahari dan berolahraga dengan alam di sekitarnya.
Seperti yang sudah kita bahas di atas marilah kita ajak anak kita untuk mengenl embun pagi di atas reruputan, atau mandi hujan , belari dengan bertelanjang kaki sampai senmuah tubuhnya berubah menjadi kecoklat semuanya, dengan seperti ini anak akan mengenal teman-teman yang harus di jaga di alam sekitarnya, siapa mereka ? pohon, rumput, burung-burung, kucing, anjing, ulat, kaki seribu, kupu-kupu, capung, kumbang, hingga lagit dan awan-awannya seta matahari sebagai sumber cahaya abadi bagi alam.
dengan seperti ini akan muncul banyak pertanyaan di kepala anak yang menbuat kita kewalahan dalam menjawab semua pertanyaan tersebut apalagi kalau kita jarang membaca nah lo kok jarang membaca hehehe ok ini merupakan kebanggaan yang luar bias bagi orang tua bahwa dengan mengajak anak untuk belar di alam sudah menjadi guru yang luar biasa bagi anak-anak kita . 

Bagai mana menjadikan alam sebagai guru terbaik ? 

Alam adalah guru terbaik kata-kata ini sering kita dengar dan terkadang menjadikan kita bertanya kenapa alam dapat menjadi guru terbaik buat kita ?  Baik kita akan mengulas sedikit tentang alam sebagai guru terbaik di jaman Yunani Kuno sekitar  tahun 1821  berdiri sebuah sekolah yang mempunyai moral dan kebijakan untuk sesama yang di beri nama Round Hill Scholl, ini lah yang menjadi salah satu cikal bakan ilmu yang di dapat dari alam atau seperti pembahasan kita bahwa alam menjadi guru terbaik buat kita. coba kita perhatika pada saat kita menonton chenel televisi National Geografi yang menyajikan acara tentang alam kita menyaksikan bahwa betapa kecilnya kita di alam ini dan hanya menjadi bagian terkecil dari alam semesta, kita melihat bagaimana parah ahli mengekpolorasi alam denga  sedemikian rupa mulai dari daratan , sungai, lautan dan pegunungan yagng tampak bahwa meraka menemukan spesises - spesies baru dari keanekaragaman alam yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.
Hal yang terbesar yang dimiliki oleh alam adalah pengetahuan dengan kita mengedepankan pengetahuan makan semuanya akan menjadi terbuka dan akan meghasilkan penemuan terbesar kita di muka bumi kita ini. Ada satu kata Jepang yang memiki makna yang sangat dalam " kaizen " yang memiliki arti kebiasaan bepikir mencari peningkatan berpikir yang terus menerus.
Gunung : Merupakan guru terbaik untuk kita bagaimana gunung menjadi guru terbaik ya kita tau gunung pasti akan berhubungan dengan gempa dan letusan gunung berapi inilah guru yang nyata dari alam coba kita telaah lebih dalam dan kita coba renungkan gunung yang menjadi guru di alam ini.
Sungai : Sungai merupakan sumber energi yang kita milki di alam sugai juga akan menjadi guru terbaik buat kita pada saat kita mengenalnya dan memahaminya sebagai guru dalam menyikapi alam ini.
Hutan : Kita masih ingat tentunya bahwa negara kita Indonesia merupaka salah satu paru-paru dunia tapi selama ini yang kita ketahui bahwa hutan kita juga menjadi pusat kehancuran bagi kita manuasia karena keserakahan kita terhadap hutan demi kepentingan pribadi kita atau golongan seta kelompok kita tampa menghiraukan dampak utnuk seluruh peghuni alam ini.
Inilah sedikit ulasan bagi para pembaca sekira nya ada manfaat bagi kita dan menjadikan kita lebih bijak dalam menentukan bahwa guru besar kita adalam alam yang ada di sekitar kita . (GSL)


Share:

0 comments:

Post a Comment

Follow us on FB